Selasa, 14 Juni 2011

Introducing yourself


 Ungkapan untuk memperkenalkan diri sendiri

Berikut ini Anda bisa mempelajari ungkapan untuk memperkenalkan diri Anda kepada orang lain dalam situasi non formal maupun formal....
A.   Useful expressions
Ungkapan tidak formal
-          Hi. My name’s Jack Comboy.
-          Just call me Jack for short.
-          Hello, my name’s Olga.
-          Excuse me, my name’s Mutia.
-          Hi, my friends usually call me Pedro for short.
-          Everybody calls me “Big Ucok” for short.
-          How do you do? My name’s Agus.
Ungkapan lebih formal
-          May I introduce myself?
-          First let me introduce myself. My name’s Nurman.
-          Let me introduce myself to you. My name’s Pratista.
-          Excuse me. It’s the first time I meet you. My name’s Farhan.
-          How do you do? I don’t think we’ve met before. I’m Rahmat.
-          Allow me to introduce myself. I am Venti, a new management trainee.

B. Samples of dialog
Dialog 1: Situasi tidak formal
Evita
:
Hi, how do you do? My name’s Evi.

Hai, bagaimana kabar? Nama saya Evi.
Andy
:
How do you do? My name’s Andy.

Baik. Bagaimana kabarnya juga? Nama saya Andy.
Evita
:
Are you are a new student here?

Kamu siswa baru di sini?
Andy
:
Yes. You are right. I just moved to this town
3 days ago. What are you majoring in?

Ya, benar. Aku baru saja pindah ke kota ini 3 hari yang lalu. Kamu ambil jurusan apa?
Evita
:
I am majoring in Sociology.

Aku ambil sosiologi.
Andy
:
Me, too.

Aku juga.
Evita
:
The bell is ringing. Let’s go to our class.

Bel sudah bunyi. Ayo masuk kelas.

Dialog 2: Situasi lebih formal
Putri
:
Excuse me. I don’t think we’ve met before. I am Putri.  Are you Mr. Raharjo?

Maaf, saya merasa kita belum pernah bertemu sebelumnya. Saya Putri. Apakah nama Bapak, Bapak Raharjo?
Raharjo
:
Yes, that’s right.

Ya, benar.
Putri
:
How do you do?

Apa kabar?
Raharjo
:
Please to meet you, Ms. Putri. Where are you from?

Senang berjumpa Anda, Bu Putri. Anda berasal dari mana?
Putri
:
I’m from Bandung. I work for Agribusiness Company. What about you?

Saya dari Manado. Saya bekerja di perusahaan agrobisnis. Bagaimana dengan Bapak?
Raharjo
:
I’m from Surabaya. I work in Bank Sejahtera.

Saya dari Bandung. Saya bekerja di Bank Sejahtera. 

(dikutip dari buku "50 Ungkapan Terpenting Untuk Percakapan Bhs Ingris - karangan Yusup Priyasudiarja - terbitan Kaifa -Mizan)

3 komentar: